Berita Terbaru
Loading...
Thursday, February 11, 2016

Review Vivotek FD8133

7:35 AM
Review Vivotek FD8133


Review Vivotek FD8133 kali ini adalah mengandalkan Resolusi Besar
Kamera IP ini menawarkan kualitas perekaman yang bagus dengan resolusi yang tinggi.
Sepertinya sudah cukup lama kami tidak menguji produk kamera IP dari Vivotek. Kali ini, kami berkesempatan mencoba Vivotek FD8133, sebuah kamera IP yang ringkas, namun memiliki feature yang menarik.
Pertama kali kami melihat bentuknya, kamera IP ini memiliki bentuk kubah yang sudah umum digunakan oleh kamera IP lain pada umumnya. Diameternya cukup kecil. Lensa yang digunakan memiliki ukuran diafragma f/1.8 dan memiliki bentuk yang terbilang kecil.
Vivotek FD8133 ini adalah sebuah kamera IP yang hanya mengandalkan koneksi dengan menggunakan kabel LAN saja. Pasalnya, IP FD8133 memang tidak memiliki opsi untuk sambungan nirkabel alias wireless (kecuali Anda menghubungkannya ke sebuah wireless router). Selain itu, ada kabel digital I/O yang dapat Anda hubungkan ke perangkat eksternal seperti sensor atau alarm.
Untuk menyesuaikan dengan penggunaan, sudut dan arah lensa yang terpasang pada kamera IP ini dapat diatur. Namun sayangnya Anda tidak dapat mengatur lensa ini secara otomatis via software. Anda harus mengaturnya secara manual dengan cara membuka kubah plastik yang melindungi lensa, lalu menggesernya dengan mengendurkan baut yang ada di sisi kiri kanannya. Cara membuka kubahnya sebetulnya cukup mudah, cukup menggeser pengunci yang ada di balik kamera. Namun untuk dapat menjangkaunya, Anda harus melepaskan kamera dari dudukannya terlebih dahulu. Selain terdapat baut pengatur arah lensa, di dalam kubah ini juga terdapat slot Micro SD untuk media penyimpanan.  
Saat kami mencoba menggunakan kamera IP Vivotek FD8133 ini, kami tidak perlu melakukan instalasi aplikasi tambahan untuk menghubungkan kamera IP ini ke jaringan. Cukup menghubungkannya langsung dengan kabel LAN, kamera IP ini sudah dapat langsung terdeteksi dengan baik. Setelah itu, pengaturan lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengakses panel kontrol pada web browser dengan cara mengetikkan alamat IP dari kamera IP ini.
Begitu masuk ke panel kontrol webnya, Anda akan disuguhi dengan sebuah tampilan sederhana dengan dua bagian utama. Yang pertama adalah tampilan video yang ditangkap oleh kamera, dengan tomboltombol kontrol seperti recordpausestop, dan lain-lain di bagian bawahnya. Yang kedua adalah menu-menu yang diletakkan di sebelah kiri.
Sejumlah pengaturan dapat dilakukan melalui menu-menu yang tersedia. Untuk mengatur kualitas gambar dan video, Anda dapat melakukan pengaturan kualitas dari resolusi video,bitrate, dan codec yang digunakan. Dari sisi pilihan resolusi, Vivotek FD8133 ini mendukung resolusi tinggi, hingga 1280 x 800. Agak kurang lazim memang, namun resolusi high definition1280 x 720 juga dapat Anda pilih. Selain itu, pilihan resolusi yang lebih kecil seperti 640 x 400 dan 176 x 144 juga dapat dipilih.
Vivotek FD8133 memiliki dukungan terhadap tiga jenis codec video. Anda dapat memilih codecMPEG-4, H264, dan Motion JPEG (MJPEG). Bitrate-nya pun dapat dipilih dengan rentangbitrate yang cukup luas, dari 80 Kbps hingga 8 Mbps. Sayangnya kamera IP ini tidak dapat merekam suara.
Dari sisi kualitas video, hasil rekaman Vivotek FD8133 ini terbilang cukup baik.Sensornya yang berukuran 1/4 “ mampu menangkap dan menghasilkan gambar dengan baik. Dukungan terhadap resolusi tinggi juga membuat detail gambar tertangkap lebih baik.
****
Vivotek  FD8133 adalah sebuah kamera IP yang berkinerja baik. Dukungan featurenya cukup berlimpah. Pengaturan videonya pun cukup mudah dengan opsi pengaturan yang luas. Hasil videonya juga bagus. Kalau Anda bisa menyampingkan kerepotan saat mengatur lensa dan memasang kartu memori, kamera IP Vivotek FD8133 ini bias Anda pilih.


Spesifikasi 
Sensor
Resolusi
176x144, 640x400, 1280x800
Mode Exposure
Exposure Otomatis
Mode White Balance
White Balance Otomatis
Lensa
F1.8/ 3,6mm
Audio
-
Video
- MPEG 4 @ maksimal 30fps
- Motion JPEG (MJPEG)
- H264
Koneksi
LAN 10/100Mbps
Bobot
430g
Garansi
2 tahun
Situs Web
Harga Kisaran*
US$460

Next
This is the most recent post.
Older Post

0 komentar:

Post a Comment