Berita Terbaru
Loading...
Thursday, February 11, 2016

Troubleshoot CCTV Camera

7:30 AM
Troubleshoot CCTV Camera
CCTV tidak muncul di layar monitor
CCTV Security System. Berbagai penyebab cctv mati atau tidak normal dan penanganannya
1. Camera cctv tidak muncul dilayar
A. apabila menggunakan 1 adaptor untuk banyak camera, bisa di pastikan adaptor rusak atau drop dan mungkin juga dvrnya yg rusak.
B. Apabila menggunakan satu cctv dengan satu adaptor, bisa jadi adaptor rusak, camera rusak, kabel tidak konek atau chanel dvr rusak.
Pegang adaptor, apabila masih terasa hangat dan apabila lampu ir nyala saat di tutup itu tandanya adaptor masih normal.
Cek konektor yang ada di cctv dan dvr. Biasanya itu terjadi kalau konektor BNC yang dipasang adalah kualitas BNC F/drat murahan. Lebih baik ganti BNC drat made in Taiwan/BNC crimping
Cek kualitas kabel. Sebaiknya klo membeli cctv minta kabel yang tipe RG6 dengan serabut tebal. Untuk saat ini, Kebanyakan toko menawarkan kabel RG59+power. Kalau saya pribadi tidak menyarankan, karena toko biasanya hanya menyediakan konektor BNC ukuran RG6. Jika toko tidak menyediakan BNC ukuran RG59, lebih baik anda minta kabel RG6 dengan BNC ukuran RG6.
Kabel serabut tebal lebih tahan lama dan tidak menurunkan kualitas gambar walaupun tidak bermerk. Pengalaman saya, menggunakan kabel dengan RG6 serabut tipis dengan tarikan ±200m umur 2tahun busa pelindung tembaga leleh dan menjadikan konsleting. Pengalaman kedua, menggunakan kabel RG6 dengan tembaga murni (permeternya 8000) tapi serabut tipis dengan tarikan ±150m, hasil gambar cctv menjadi bergelombang walaupun tidak mencolok. Pengalam ketiga, kabel RG6 harga murah, tembaga tidak murni tapi serabut sangat tebal dengan tarikan hampir 300m ternyata kualitas gambar tetap terjaga its oke.
2. DvR mati, bisa dipastikan adaptor rusak.
3. DVR restart, bisa dipastikan adaptor ngedrop.
4. DVR tidak bisa rekam, bisa dipastikan adaptor drop atau HDD rusak, bisa juga HDD nya hilang. Baca juga HDD For Surveillance
Itulah sedikit pengalaman yang bisa saya uraikan disini. Jangan lupa kunjungi cara seting cctv online. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment